Mengapa pabrik butuhkan Transformasi Digital

Mesti diakui, ada banyak sekali pekerjaan yang tidak efektif dan tidak efisien saat ini berlangsung di pabrik.
Oleh karena proses reporting yang berlangsung masih manual, mengandalkan daya ingat , aktivitas manual typing dari operator. Hal ini menyebabkan laporan produksi berhari-hari baru bisa didapatkan, kan padahal kejadiannya sudah selesai dan sudah solving. Terlalu banyak peluang untuk terjadinya human error.nya

Banyak hasil laporan dari lapangan manual, tidak sesuai dengan kenyataannya. Ada selisih value yang mungkin saja akan menimbulkan masalah di kemudian hari.
Problem tersebut tidak sampai disitu saja. Disaat problem itu muncul, Pimpinan perusahaan kemudian akan memanggil semua pihak yang terlibat dalam proses produksi, untuk mencari tahu dan anmendiskusikan solusi atas permasalahan nya. Proses meeting lagi-lagi, tidak berlangsung efektif dan efisien. Karena mengandalkan data-data yang tidak real time, tidak kekinian, serta manual. Yang sudah barang tentutu, tidak bisa dijamin aktual dan kredibilitas datanya.

Katakanlahah proses meeting yang tidak efektif dan efisien ini berlangsung 2-3 kali dalam seminggu, dalam sebulan, dalam setahun sudah berapa kali?

Mari kita sedikit berhitung jika kejadian meeting meeting yang tidak efektif dan efisien ini, dalam satu minggu terjadi dua sampai tiga kali. Dimana satu kali meeting menghabiskan waktu 1.5 jam artinya akan ada 10 jam dalam 1 bulan dihabiskan. Tappentu hal itu dianggap sebagai losses waktu, akibat meeting meeting yang tidak efisien dan efektif. Ini akan berbeda halnya, Apabila semua data berlangsung secara real time, dan dapat diakses di mana dan kapan saja. Artinya meeting tidak akan selama itu, dan tidak akan seribet itu.

Mari sedikit berhitung lagi kejadian-kejadian sebagai nonteknis, apabila data-data produksi tidak menunjukkan Kredibilitas dimata semua orang. Karena dibuat secara manual reporting dan Microsoft Excel. Akan berbeda halnya apabila data dan informasisi tersebut diambil dan berasal dari langsung dari mesin dan fasilitas produksi. Semua pihak akan mempercayai. Artinya data yang langsung dari mesin dan fasilitas produksi, mempunyai kredibilitas di mata semua orang. Sehingga Semua orang punya motivasi yang kuat untuk melakukan improvement.

Hal yang paling penting ketika ingin ber transformasi digital adalah : Bapak Ibu pimpinan perusahaan harus mengakui bahwa ada yang salah dengan kondisi sekarang. Sehingga tidak efektif dan efisien. Banyak losses dan waste yang seharusnya bisa dicegah dari awal dengan sistem monitoring yang real-time serta komprehensif, holistik dengan visi misi perusahaan.

Harapannya Semoga dengan digital transformasi, pabrik atau manufaktur dapat meningkatkan profitabilitas nya. Semua proses bisnis akan berlangsung secara efektif dan efisien. Berhasil memunculkan satu budaya digital yang baru. Di mana orang tidak dilihat atas dasar subjektivitas. Semua akan berorientasi terhadap kontribusi dan objektivitas terhadap perusahaan atau pabrik.

Jika Bapak Ibu tidak pernah kepikiran untuk bertransformasi digital, artinya Bapak Ibu sudah sangat puas dengan kondisi sekarang. Waktu akan berjalan terus dan Bom waktu juga akan mengintai terus terhadap eksistensi bisnis kita. Selamat bertransformasi.