Jangan Remehkan OEE Scoring

Selamat Pagi.

Overall equipment effectiveness (OEE) adalah salah satu pengukuran matriks dari Efisiensi dan efektivitas yang berlangsung di lantai produksi.

Banyak orang mengatakan bahwa membangun OEE itu adalah sesuatu yang gampang hanya butuh beberapa trigger saja dari mesin. Seperti start-stop dan counter. Maka dihasilkan lah scoring dari OEE.

Mohon maaf, sesungguhnya teman-teman yang mengatakan seperti ini adalah teman-teman yang tidak paham bagaimana Manajemen Industri yang baik dan benar berjalan di lantai produksi. Bagaimana konsep six Sigma, Lean manufacturing, TPM, ataupun BPM ter-implementasi dengan baik di lantai produksi. Mohon maaf, bisa jadi level manajemen nya masih rendah.

Namun saya percaya, Bapak/Ibu yang perusahaan nya sudah mempunyai tingkat maturity proses yang sudah baik di level predictable, integrated/linked, sudah memikirkan kan judul dari YouTube ini jauh-jauh hari.

Sebaliknya, Perusahaan Atau vendor yang meremehkan OEE , menyederhanakan, membuat simple, atau apapun istilahnya, sama sekali tidak ada ide tentang konsep six sigma, lean manufacturing TPM, ataupun BPM.

OEE adalah ukuran keberhasilan lantai produksi. Sudah menjadi Key performance indicator bagi teman-teman diproduksi. Artinya manajemen menganggap OEE sebagai salah satu kacamata dari keberhasilan teman-teman di lantai produksi.OEE yang dibuat dengan asal-asalan akan mengakibatkan kesalahan yang fatal.

OEE sensitif, menyangkut prestasi kerja dan masa depan karir seseorang. Sebuah data yang tidak disertai dengan kredibilitas serta penyampaian yang baik dan detail kepada top manajemen bisa saja menjadi bumerang.

Hal ini sudah sering dijumpai di organisasi atau perusahaan manapun. Top manajemen cenderung menghendaki data yang kredibel, Tuh nyamuk nyamuk kecil-kecil itu bukan dia cuma titik-titik ituaktual dan komprehensif. Tidak tumpul.

OEE yang dibangun dengan asal-asalan, Tidak akan menghasilkan buah yang terbaik. OEE dibuat tidak terintegrasi dengan bagian-bagian sporting seperti production, planning, quality assurance, engineering dan maintenance. Tidak akan banyak membantu dan cenderung akan menambah-nambah kerjaan saja.

Banyak energi dan waktu yang terbuang hanya untuk membuat reporting terhadap top manajemen. Namun apa yang didapatkan?, Analisanya tumpul, tidak langsung menyentuh root cause, tidak terhubung dengan planning produksi?, tidak menyuguhkan masalah yang terkait dengan mesin ataupun maintenance. Proses counter tidak sekalian digunakan untuk traceability produk. Sehingga counter bisa dilakukan berkali-kali dengan sensor yang berbeda. Ada potensi perbedaan nilai untuk OEE dan counter untuk hasil produksi karena memang tidak terintegrasi. Ada potensi di mana problem dapat didapatkan dengan otomatis namun tidak dilakukan. Belum lagi hal-hal yang sifatnya tidak real time, mengandalkan daya ingat operator akan problem yang sudah terjadi. Kemudian ditulis ulang dalam sistem. Begitulah cara kerja OEE sederhanya yang mereka bayangkan ini.

Mengkategorikan problem dalam 6 six big losses Bukanlah jawaban yang sesungguhnya. Masih terlalu umum, Masih sangat tumpul. Belum menyentuh kepada Root cause. apalagi syntomp.

OEE bukan lagi sekadar indikator atau dashboard, Kita sudah lalui itu itu pada revolusi industrial 3.0. Sudah menjadi salah satu sumber data untuk sebuah algoritma pengambil keputusan

Kita tahu bahwa core sesungguhnya dari Lantai produksi adalah Departemen produksi. Dan departemen yang lain seperti maintenance engineering quality maupun warehouse adalah ah bagian supporting Yang tidak bisa dipisahkan dengan produksi. OEE Harus terintegrasi dengan Departemen supporting ini.

OEE without action is Zero
Kita butuh action. Action disertai analisa yang tajam dan kredible, sesuai dengan prinsip prinsip management industry.

Nah sekarang anda mau buat OEE hanya sekedar counter up, start, dan stop?. Yang sederhana yang seperti anda bayangkan. Coba di pikirkan lagi.

By the way, OEE bagi kami justru menjadi titik awal dari sebuah proses digitalisasi. Dan bagi klien-klien kami yang lain. Mudah-mudahan Anda juga.

Kami sudah banyak sekali pengalaman melakukan konsultasi dan implementasi langsung dengan software dan hardware yang dibutuhkan untuk sebuah OEE yang powerfull. Silakan menghubungi kami pada kontak yang tersedia. Terima kasih. Salam digitalisasi.
Selamat tahun baru 2021.

Artikel Terkait :

Apakah MES (Manufacturing execution system)?

Tips Memilih Vendor OEE Software & Hardware

Apakah itu Overall Equipment Effectiveness (OEE)?

One Comment

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *