Tips Memilih ERP Yang Ideal

Mari kita cari tahu. Apa saja tips dan memilih sistem ERP yang cocok dengan organisasi atau perusahaan anda di hari ini?

1. Mobilitas ERP.

Usahakan selalu memilih ERP dengan opsi Cloud untuk menggunakan Solusi berbasis web. Anda hanya perlu browser internet. Ini membuatnya sangat mudah untuk menerapkan sistem di seluruh organisasi Anda. Kemudian hal lain yang sangat penting adalah sistem dapat diakses dari mana saja, dan kapan saja. Sangat ideal untuk pengguna jarak jauh, seperti Eksekutif dan perwakilan penjualan (sales) yang selalu bergerak. Apalagi dengan kondisi hari ini, banyak pegawai atau manajemen yang bekerja dari rumah (work from home).

2. Change management factor

Faktor dalam manajemen perubahan proyek implementasi ERP adalah upaya yang menantang untuk “Change Management”. Hal itu adalah salah satu faktor penentu keberhasilan yang paling seringdisampaikan dalam sebelum implementasi. Sangat penting untuk mengatur kondisi perusahaan untuk bisa menjadi sukses dengan ERP. Implementasi ERP yang sukses bergantung pada tim yang kooperatif dan kompeten. Untuk peluang keberhasilan terbaik, rencanakan secara sistematis, dengan mengarahkan setiap karyawan untuk menggunakan sistem baru dengan panduan khusus untuk mempermudah pekerjaan mereka, selalu yakinkan karyawan bahwa mereka tidak akan digantikan oleh mesin.

Dalam change management ini, ERP yang baik adalah ERP yang secara tidak langsung mengarahkan perusahaan atau organisasi menuju sukses. Di dalamnya terkandung konsep-konsep Manajemen Industri Modern.

3. Supporting option

Selanjutnya pertimbangkan opsi Dukungan, tidak ada dalam bisnis atau teknologi yang statis, pastikan Anda memilih penyedia ERP dengan opsi untuk penerapan Anda dari dukungan penuh hingga saran konsultatif.

4. Expandable

Jangan lupa untuk bertanya tentang kapabilitas system. Pastikan bahwa sistem ERP mampu ber-integrasi dengan aplikasi khusus industri atau alur kerja untuk peningkatan di masa mendatang.

5. Risk management

Terakhir, pertimbangkan manajemen risiko saat Anda memilih solusi ERP. Carilah salah satu yang mapan dan dapat diandalkan, pilih yang menawarkan bantuan dalam mengelola semua area bisnis Anda dan memiliki opsi untuk pemulihan data jika terjadi bencana. Ini adalah faktor penting yang harus diperhatikan saat memilih solusi ERP untuk bisnis anda.

One Comment

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *